Liputan Khusus Pemilihan Ketua RW 3 Kelurahan Pagesangan


Bapak Sudarno
Pesta demokrasi yang diadakan 3 tahun sekali oleh warga RW 3, Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya tadi malam (3/12/2016) dimenangkan oleh Bapak Sudarno sebagai Ketua RW 3 periode 2017-2020. Pemilihan Ketua RW 3 tahun ini seperti biasa digelar di depan Balai RW 3 Kelurahan Pagesangan. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan (LKMK), Bapak Abdul Rahem dan Kepala Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Pagesangan, Bapak Mariyono.
Acara direncakan dimulai pukul 20.00 namun karena salah satu dari ketiga calon ketua RW 3 yaitu Bapak Sutarno masih belum hadir maka acara baru dimulai pukul 20.06. Setelah ketiga calon ketua RW, Sutarno dari RT 3, Sukardjo dari RT 2, dan Sudarno dari RT 1 telah datang semua, acara pun dibuka oleh Ibu Agung selaku pembawa acara malam itu. Ibu Agung mengatakan pemilihan RW 3 kali ada sesuatu yang unik yaitu ketiga calonnya sama-sama memiliki awalan Su dan berakhiran O.
“Alhamdulillah, hal tersebut menandakan bahwa ketiga calon ketua RW tahun ini asli orang Jawa.” ujarnya.
Bapak Sutarno
Bapak Sumadi selaku ketua panitia penyelenggara pemilihan RW 3 tahun ini memberikan pesan agar warga memilih pemimpin yang paling dianggap baik dan mumpuni dalam menangani permasalahan di Pagesangan khususnya di RW 3. Kemudian setiap calon ketua RW 3 menyampaikan visi dan misinya terhadap RW 3 Kelurahan Pagesangan ke depannya. Mulai dari Bapak Sutarno yang memiliki harapan supaya warga, para pengurus RT, serta golongan lainnya dapat bekerjasama memajukan RW 3. Bapak Sutarno juga berkomitmen untuk tidak melakukan korupsi sepersen pun terhadap uang warga dengan menerapkan transparansi laporan keuangan. Sedangkan Bapak Sukardjo berharap bahwa pengurus RW 3 nantinya bisa menjadi 3P, Pengayom, Pelayan, dan Panutan bagi warga RW 3. Yang terakhir, Bapak Sudarno berharap nantinya pelayanan administrasi mulai dari tingkat RT hingga RW berada pada satu atap yaitu di balai RW 3 Kelurahan Pagesangan supaya warga tidak kesusahan dan pengurusannya menjadi lebih efisien. Selain itu beliau juga menyampaikan rencana pembangunan seperti perbaikan jalan di RW 3 agar bisa dilanjutkan hingga tuntas di Jalan Pagesangan IV, perbaikan saluran air di RT 2 yang selalu menyebabkan banjir di musim penghujan, serta permasalahan sampah liar di jalan menuju depo pembuangan sampah Kelurahan Pagesangan yang tidak kunjung selesai meskipun berkali-kali dibersihkan dan dipasangi plang himbauan membuang sampah langsung ke depo.
Bapak Sukardjo
Sebelum warga melakukan pencoblosan, Bapak Sumadi juga menjelaskan beberapa peraturan terkait sah tidaknya surat suara yang dicoblos. Panitia penyelenggara pemilihan ketua RW 3 Kelurahan Pagesangan memberikan ruang bagi setiap RT mulai dari RT 1 sampai RT 7 untuk mengirimkan 15 perwakilan warganya untuk mengikuti pemilihan RW 3 tahun ini. Namun dari 105 total undangan, yang hadir pada malam itu hanya 68 peserta dengan komposisi RT 1 – 11 orang, RT 2 – 15 orang, RT 3 – 9 orang, RT 4 – 4 orang, RT 5 – 8 orang, RT 6 – 13 orang, dan RT 7 – 8 orang.
Proses pencoblosan berjalan dengan tertib diselingi canda tawa oleh hadirin karena ada satu dua pemilih yang masuk ke bilik suara tanpa mengambil surat suara terlebih dahulu. Setelah 20 menit, panitia akhirnya melakukan penghitungan suara. Hasil penghitungan suara memenangkan lagi Bapak Sudarno yang juga menjadi Ketua RW 3 pada periode sebelumnya dengan hasil perolehan 38 suara. Sedangkan dua calon lainnya, bapak Sutarno mendapat 3 suara dan bapak Sukardjo mendapat 27 suara. Ketua RW 3 Kelurahan Pagesangan terpilih, Bapak Sudarno, kemudian menyampaikan harapan agar penanganan berbagai masalah di RW 3 Kelurahan Pagesangan tidak hanya menjadi tugas pengurus RT dan RW saja tapi juga kewajiban seluruh elemen masyarakat. Sebelum acara ditutup, Ibu Agung selaku perwakilan dari PKK menyampaikan saran supaya PKK juga diperhatikan oleh para pengurus RT dan RW karena selama ini pengurus PKK berjalan sendiri tanpa dukungan pengurus RT maupun RW. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ahmad Faisol sebelum akhirnya warga kembali ke rumah masing-masing dengan membawa kotak berisi  makanan ringan yang telah disediakan oleh panitia.
Tonton video liputan khususnya di bawah ini :


(untuk menontonnya melalui smartphone, miringkan layar anda dan aktifkan auto-rotate atau buka linknya di sini)

You Might Also Like

0 komentar